Tips-tips untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPI

on Jumat, 24 Februari 2017
Intro

Halo guys setelah lama gk nulis akhirnya nulis lagi juga di blog ini. Rasanya udah banyak sarang laba-laba disini tapi aku akan bersihkan dengan postingan ini.

Pada bulan Juni 2016 lalu saya dan bersama teman saya melaksanakan satu amanah dari sebuah mata kuliah yang bernama Kuliah Kerja Nyata untuk mengabdi ke masyarakat sekitar sesuai dengan tempat KKN kita. Mengapa saya menulis artikel ini? Karena saya ingin berbagi beberapa tips untuk pembaca agar bisa memiliki persiapan yang matang ketika KKN dimulai.

KKN merupakan suatu matakuliah di UPI yang memiliki bobot 2 SKS. Matakuliah ini mewajibkan kita untuk mengabdi di tempat KKN masing-masing selama kurang lebih 40 hari. Sewaktu jaman saya dulu karena mulai Juni 2016 maka ada libur karena terpotong lebaran tetapi tetap waktunya 40 hari.

Alur dari KKN secara singkat adalah sebagai berikut :
1. Mengontrak mata kuliah KKN
2. Buka situs KKN UPI
3. Lakukan Login
4. Pilih tempat KKN yang diinginkan mulai dari Wilayah Kota/ Kabupaten, Kecamatan yang nantinya ditampilkan oleh sistem.
Note : Saya lupa screenshot tampilannya karena waktu itu sangat cepat sekali harap maklum :D
5. Setelah memilih anda diberikan pilihan apakah yakin? lalu klik simpan maka anda sudah terdaftar pada Wilayah yang diinginkan.

Untuk mengetahui wilayah yang tersedia biasanya terdapat di Lokasi KKN UPI.
Tunggu saja ketika waktunya pasti lokasi tersebut di update oleh pihak Universitas.

Nampak mudah bukan? Itu hanya nampaknya pada kenyataannya akan banyak persaingan dan merasakan sensasi yang hanya bisa dirasakan ketika saat itu. Seperti adenarlin sedang dipacu ketika naik Roller Coaster hehehe. Oleh dari itu saya akan berikan beberapa tips yang mungkin berguna untuk pembaca untuk mempersiapkan KKN agar lebih baik.

TIPS

Sebagian dari kita mungkin tidak bisa secara langsung klop dengan orang yang baru saja kita kenal dan bagaimana kita bisa bekerjasama dengan waktu 40 hari untuk memberikan suatu ke masyarakat yang bisa bertahan lama bukan sekedar saat ada KKN saja. Kita harus bisa bekerjasama dengan baik dengan rekan-rekan KKN untuk melaksanakannya karena KKN bukan tentang KAMU tetapi tentang TEAM.

Maka dari itu ajaklah beberapa rekan yang sudah klop atau istilahnya soulmate kita untuk bekerjasam di tempat KKN yang sama. Memang bisa mendapatkan tempat yang sama? Bisa asal memiliki keberuntungan dan tau tips nya.

Tipsnya yaitu :
1. Berdoa dan berkeyakinan dimanapun di tempatkan akan memberikan manfaat bagi sekitar.

2. Pastikan anda bersama teman anda berada di tempat yang sama agar memudahkan memilih lokasi KKN. Pada saat pendaftaran server akan sering down karena akses yang secara langsung oleh banyaknya mahasiswa.

3. Pastikan teman yg ada ajak untuk jadi satu kelompok itu berbeda jurusan. Karena satu kelompok tidak ada yg 1 jurusan, hanya 1 org per jurusannya di kelompok itu baik yg pendidikan ataupun yg nondik.

4. Pastikan koneksi anda lancar dan stabil. Ingat yah lancar dan stabil saja cukup tidak perlu cepat.

5. Pilih tempat yang nyaman. Saran saya lebih baik jangan di tempat yang banyak mahasiswa yang sedang berburu tempat KKN juga. Lebih baik ke tempat yang rada sepi karena terbukti ketika banyak mahasiswa disitu dan ada yg sudah bisa buka situs sedangkan anda belum, anda akan merasakan kepanikan dan pikiran pun tidak tenang

6. Bawa lebih dari 1 perangkat. Maksudnya bawa misal 1 Laptop dengan 1 Smartphone. Karena pengalaman saya ketika server down dan diakses di laptop itu susah sekali sedangkan ketika membukanya dengan Smartphone sungguh cepat beneran deh. Saya menggunakan smartphone dengan OS Android ketika itu.
Mungkin kalau saya menggunakan OS Linux saat itu di laptop mungkin akan lebih cepat aksesnya. Kalau diantara pembaca mempunyai OS Linux di laptonya atau dualboot saya sarankan menggunakan yang Linux daripada Windows untuk mendaftar KKN ini.

7.  Bila mencoba di laptop tidak bisa jangan panik. Segera mengambil smartphone anda untuk mengakses website tersebut.

8. Sebelum memilih tempat baiknya mengetahui situasi lokasi tersebut dari kaka tingkat yang pernah KKN disana. Inilah fungsinya berorganisasi dan berbaur di lingkungan kampus, tanya jauh-jauh hari tentang tempat tersebut.

9. Agar anda bersama teman anda itu bisa bersama klik lah secara bersamaan ketika telah memilih tempat KKN. Setelah itu berdoalah karena pemasukan data pada data tempat tersebut yang tercepat yang masuk data itu yang terdaftar. Biasanya suatu lokasi sudah ditentukan berapa kapasitasnya.

10. Bila gagal bersama teman anda tersebut tetap tersenyum yah.  Karena dimanapun tempat KKN serta siapaun teman anda, anda tetap akan mempunyai cerita tersendiri percaya deh. Jauh dari keramaian kota dan berbaur serta memberikan manfaat bagi warga sekitar itu luar biasa rasa kepuasaan batin anda. Rasanya susah diungkapkan tetapi anda akan berpikir banyak disana serta medewaskan diri.

11. Nah setelah terdaftar cepat-cepatlah kontak teman KKN anda. Karena nantinya akan ada menu hasil yang berisi siapa dosen pembimbing anda serta nama teman-teman kelompok anda. Jumlah anggota Kelompok tidak tentu sesuai kebutuhan lokasi.


Nah segitu saja tips-tips dari saya untuk mendaftar KKN. Semoga bermanfaat. Btw untuk tema dan lain halnya bisa dicek di website KKN UPI  untuk mengetahui detail dari setiap tema yang ada.

Dan pesan saya dimanapun tempat KKN anda semoga anda senang menjalaninya dan memberi manfaat bagi sekitar. KKN itu tanda awal anda sudah masuk semester akhir. Jadi tambahlah teman dari KKN ini sebelum anda berhadapan dengan Skripsi dll.

Terimakasih~~

0 komentar:

Posting Komentar